Janoko

Janoko
          Janoko mempunyai nama lain raden danang jaya, dis adalah satria dari kasatrian madukoro. Apa ya maksud dari kata-kata ini. Kita bahas satu persatu. 
1.        Janoko berasal dari kata kata janataka yang maksudnya perkumpulan dari orang-orang yang menjalani agama islam semata-msta hanya ingin masuk surga atau mencari surga. 
2.        Raden danang jaya. Disini yang diambil cukup kata danang jaya. Kata danang berasal dari kata dana yaitu uang atau modal. Kalau diberi tambahan akhiran "ng" mempunyai arti yang bermodal atau yang memegang dana / modal. Kata jaya mempunyai maksud menangan, unggulan, paling dll. Terus kata danang jaya makdudnya apa? Maksudnya adalah orang yang memegang dana / modal yang paling besar. 
3.        Satrio madukoro. Yang diartikan cukup kata madukoro. Kata madukoro berasal dari dua suku kata madu dan koro. Madu, madu lebah itu rasanya manis sedangkan kata koro lengkapnya adalah perkoro atau permasalahan. Jadi satrio madukoro adalah orang yang kalau memiliki permasalahan dia akan menyelesaikan permasalahan itu semanis madu.  
        Penjelasan lengkapnya dari janoko, raden danang jaya satrio madukoro adalah orang yang menjalani agama islam dengan tujuan masuk surga, seandainya dia memiliki permasalahan dia akan berusaha menyelesaikannya semanis madu. Semanis madu itu ya terasa sangat memuaskan dihati. Bagaimana kalau misalnya ada orang memiliki permasalan kemudian permasalahan itu diselesaikan tapi terasa gatal didalam hati seperti kena rawe, orang itu layak mendapat julukan menungso rawekoro. 
Loh terus bagaimana kalau ada orang atau sekumpulan orang yang selama ini mengaku menjalani agama islam ini tujuannya untuk mencari surga tapi memiliki permasalahan sudah puluhan tahun tidak segera diselesaikan. Ya, di coba saja ditanyakan! Apakah orang itu sudah benar-benar memiliki niat mencari surga ataukah belum. Kalau sudah memiliki tujuan ingin masuk surga, ya harus menyelesaikan permasalahan itu meskipun sangat besar resikonya. Ingat! Menyelesaikan permasalahan ini didunia memang sangat berat tapi lebih berat lagi kalau permasalahan itu diselesaikan diakherat. 
         Dari saya saya cukupi sekian. 
Assalamu'alsikum wr wb. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Ramalan Jayabaya Bait 165 - 166

JP - 5 Jamur Dipo

Misteri Ramalan Jayabaya Bait 173